RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020
(Disusun Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud
Nomor: 14 Tahun 2019)
|
Satuan
Pendidikan : SDN Dr. Sutomo V/327
Surabaya
Kelas / Semester : 6 /2
Tema 6 : Menuju
Masyarakat Sejahtera
Sub Tema 1
: Masyarakat Peduli
Lingkungan
Muatan Terpadu : PPKN, IPS, Bahasa Indonesia
Pembelajaran ke
: 1
Alokasi waktu
: 1 hari
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Setelah siswa
mengamati gambar kegiatan warga masyarakat dikampung “Damai”, siswa dapat
menjelaskan pelaksanaan kewajiban sebagai warga negara dalam kehidupan
sehari-hari dengan tepat.
2.
Setelah siswa
berdiskusi tentang kewajiban sebagai warga negara, siswa dapat menceritakan
pengalaman melaksanakan kewajiban sebagai warga negara dalam kehidupan
sehari-hari dengan tepat.
3.
Setelah siswa
membaca bacaan berjudul “Makna Proklamasi bagi Bangsa Indonesia”, siswa dapat
menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan dalam upaya membangun masyarakat
Indonesia yang sejahtera dengan tepat.
4.
Setelah siswa
berlatih menjawab pertanyaan, siswa dapat menyampaikan perkiraan informasi dari
teks nonfiksi berdasarkan kata-kata kunci yang terdapat pada judul dengan tepat
B.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
v Melakukan Pembukaan dengan Salam dan
Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
v Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari
dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang
akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
|
15 menit
|
Kegiatan
Inti
|
(Sintak Model Discovery Learning)
Ayo Mengamati
v Siswa mengamati berbagai gambar kegiatan warga masyarakat di kampung
“Damai”.
v Siswa secara bergantian menceritakan kegiatan yang dilakukan warga
Ayo Berdiskusi
v Siswa mengamati gambar kegiatan warga masyarakat di kampung “Damai”. Guru memberi waktu sekitar tiga menit.
v Siswa membentuk kelompok yang
terdiri atas 5 anak.
v Setiap siswa kemudian menulis pertanyaan dan menukarkannya dengan teman
di sebelah, menjawabnya, dan
mendiskusikan jawabannya. (
Mandiri, Critical Thinking and Problem
Formulation)
Ayo Membaca
v Siswa memperhatikan artikulasi saat membaca. Siswa lain diminta untuk
menyimak.
v Alternatif lain, Guru meminta beberapa siswa untuk membaca bacaan
tersebut dibaca secara bergantian dan bersambung oleh seluruh siswa. Siswa
diminta untuk menyimak.
v Siswa menceritakan kembali teks materi yang telah ia baca sebelumnya.
v Siswa mampu mengidentifikasi perilaku positif di masyarakat yang
merupakan wujud makna proklamasi kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari. .(Creativity
and Innovation)
Ayo Berlatih
v Setelah siswa membaca teks Makna
Proklamasi bagi Bangsa Indonesia, guru dan siswa membahasnya
sebentar. Guru memberi waktu sekitar
tiga menit.
v Siswa mengumpulkan hasilnya kepada guru untuk dinilai atau dievaluasi.
v Guru mengapresiasi dan mengonfirmasi jawaban siswa.
v Hasil yang diharapakan siswa mampu mengidentifikasi perkiraan informasi
dari teks non fiksi berdasarkan kata-kata kunci yang terdapat pada judul
secara lisan .
Ayo Renungkan
v Siswa melakukan refleksi dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam
buku siswa. (Mandiri)
|
140 menit
|
|
||
Kegiatan
Penutup
|
A. Kerja Sama dengan
Orang Tua
Siswa bersama kedua
orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di
lingkungan tempat tinggal.
Peserta Didik :
Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
Guru :
Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa.
Ø Peserta didik yang selesai
mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi
hadiah/ pujian
|
15
menit
|
C.
PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
Rita Erwiyah,S.Pd, M.Pd.
|
Surabaya, Januari 2020
Guru Kelas 6
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar