Rabu, 17 Juni 2020

RPP Tema 6 Sub 1 PB 1 Kelas 6 Revisi 2020



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020
(Disusun Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)



Satuan Pendidikan        : SDN Dr. Sutomo V/327 Surabaya

Kelas / Semester                 :  6 /2
Tema  6                                 :  Menuju Masyarakat Sejahtera
Sub Tema 1                          :  Masyarakat Peduli Lingkungan
Muatan Terpadu                  :  PPKN, IPS, Bahasa Indonesia
Pembelajaran ke                 :  1
Alokasi waktu                       :  1 hari

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.   Setelah siswa mengamati gambar kegiatan warga masyarakat dikampung “Damai”, siswa dapat menjelaskan pelaksanaan kewajiban sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
2.   Setelah siswa berdiskusi tentang kewajiban sebagai warga negara, siswa dapat menceritakan pengalaman melaksanakan kewajiban sebagai warga negara dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
3.   Setelah siswa membaca bacaan berjudul “Makna Proklamasi bagi Bangsa Indonesia”, siswa dapat menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan dalam upaya membangun masyarakat Indonesia yang sejahtera dengan tepat.
4.   Setelah siswa berlatih menjawab pertanyaan, siswa dapat menyampaikan perkiraan informasi dari teks nonfiksi berdasarkan kata-kata kunci yang terdapat pada judul dengan tepat

B.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
v Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan Membaca Doa (Orientasi)
v Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
v Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
15 menit
Kegiatan
Inti
(Sintak Model Discovery Learning)
Ayo Mengamati
v Siswa mengamati berbagai gambar kegiatan warga masyarakat di kampung “Damai”.
v Siswa secara bergantian menceritakan kegiatan yang dilakukan warga
Ayo Berdiskusi
v Siswa mengamati gambar kegiatan warga masyarakat di kampung “Damai”.  Guru memberi waktu sekitar tiga menit.
v Siswa  membentuk kelompok yang terdiri atas 5 anak.
v Setiap siswa kemudian menulis pertanyaan dan menukarkannya dengan teman di sebelah, menjawabnya, dan  mendiskusikan jawabannya. ( Mandiri, Critical Thinking and Problem Formulation)
Ayo Membaca
v Siswa memperhatikan artikulasi saat membaca. Siswa lain diminta untuk menyimak.
v Alternatif lain, Guru meminta beberapa siswa untuk membaca bacaan tersebut dibaca secara bergantian dan bersambung oleh seluruh siswa. Siswa diminta untuk menyimak.
v Siswa menceritakan kembali teks materi yang telah ia baca sebelumnya.
v Siswa mampu mengidentifikasi perilaku positif di masyarakat yang merupakan wujud makna proklamasi kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari. .(Creativity and Innovation)
Ayo Berlatih
v  Setelah siswa membaca teks Makna Proklamasi bagi Bangsa Indonesia, guru dan siswa membahasnya sebentar.  Guru memberi waktu sekitar tiga menit.
v  Siswa mengumpulkan hasilnya kepada guru untuk dinilai atau dievaluasi.
v  Guru mengapresiasi dan mengonfirmasi jawaban siswa.
v  Hasil yang diharapakan siswa mampu mengidentifikasi perkiraan informasi dari teks non fiksi berdasarkan kata-kata kunci yang terdapat pada judul secara lisan .
Ayo Renungkan
v Siswa melakukan refleksi dengan menjawab pertanyaan yang terdapat dalam buku siswa. (Mandiri)
140 menit


Kegiatan
Penutup
A.     Kerja Sama dengan Orang Tua
Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal.
Peserta Didik :
Ø Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
Guru :                           
Ø Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.
Ø Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian
15
menit

C.    PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.


Mengetahui
Kepala Sekolah,



Rita Erwiyah,S.Pd, M.Pd.

              Surabaya, Januari 2020
Guru Kelas 6







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

desain dengan paint

ARTIKEL GIATKAN LITERASI DENGAN PEMBIASAAN MENULIS DIARY

  GIATKAN LITERASI DENGAN PEMBIASAAN MENULIS DIARY di SDN Dr.SUTOMO V/ 327 SURABAYA Oleh : RITA ERWIYAH,M.Pd Menulis merupakan salah sat...

Persahabatan si Betung