RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020
(Disusun Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud
Nomor: 14 Tahun 2019)
|
Satuan Pendidikan : SDN Dr. Sutomo V/327 Surabaya
Kelas
/ Semester : 6 /2
Tema 6 : Menuju
Masyarakat Sejahtera
Sub Tema 1 :
Masyarakat Peduli Lingkungan
Muatan Terpadu : PPKN, IPS, Bahasa Indonesia
Pembelajaran
ke : 3
Alokasi waktu : 1 hari
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Dengan
kegiatan membaca dan mengamati gambar pelajar dalam bacaan,siswa dapat mengidentifikasi
perilaku positif masyarakat yang merupakan wujud makna proklamasi kemerdekaan
dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
2.
Dengan
kegiatan mengamati gambar, siswa dapat menyampaikan hasil pengamatan tentang
makna proklamasi kemerdekaan dalam upaya membangun masyarakat Indonesia
sejahtera dengan tepat.
3.
Dengan
kegiatan berdiskusi tentang kewajiban sebagai warga negara, siswa dapat
menjelaskan pelaksanaan kewajiban sebagai warga negara dalam kehidupan
sehari-hari dengan tepat.
4.
Dengan
kegiatan berlatih menjawab pertanyaan, siswa dapat menyampaikan laporan
pembahasan tentang makna proklamasi kemerdekaan dalam upaya membangun
masyarakat Indonesia sejahtera dengan tepat.
5.
Dengan
kegiatan membaca bacaan berjudul “Kerukunan di Kampung Wonorejo Papua”, siswa
dapat menyampaikan perkiraan informasi dari teks nonfiksi berdasarkan kata-kata
kunci yang terdapat pada judul dengan tepat.
6.
Dengan
kegiatan berlatih, siswa dapat menyampaikan perkiraan informasi dari teks
nonfiksi berdasarkan kata-kata kunci yang terdapat pada judul dengan tepat.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
v Melakukan Pembukaan dengan Salam dan Dilanjutkan Dengan
Membaca Doa (Orientasi)
v Mengaitkan
Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan
dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)
v Memberikan
gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. (Motivasi)
|
15
menit
|
Kegiatan
Inti
|
(Sintak Model Discovery Learning)
Ayo Membaca
v Siswa membaca dan mencermati bacaan dengan mengamati berbagai gambar
seorang siswa yang sedang belajar. (LITERASI)
v Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang upaya yang dilakukan
pemerintah dalam mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera di antaranya
melalui pendidikan.
Ayo Mengamati
v Siswa mengamati gambar tentang suasana kampung di perkotaan.
v Siswa menuliskan hasil pengamatan berdasarkan gambar tersebut. (HOTS)
Ayo Berdiskusi
v Siswa diminta berdiskusi tentang kewajiban sebagai seorang siswa dan
warga masyarakat.
v Siswa berdiskusi bersama teman sebangku. (Collaborative)
Ayo Berlatih
v Siswa menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku siswa tentang
Kemerdekaan.
v Siswa mengumpulkan hasilnya kepada guru untuk dinilai atau dievaluasi.
Ayo Membaca
v Siswa diminta membaca judul bacaan. Guru menanyakan perkiraan isi bacaan
kepada siswa berdasarkan judul yang telah dibaca. (HOTS)
v Guru menyebutkan kata kunci berkaitan dengan bacaan. Siswa diminta
menjabarkan berdasarkan kata kunci.
Ayo Berlatih
v Siswa menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku siswa secara lisan dan
tertulis
Ayo Renungkan.
v Guru mengidentifikasi dan menganalisis jawaban masing-masing siswa untuk
mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman siswa mengenai kalimat utama dan
gagasan pokok pada setiap paragraf dalam teks nonfiksi. Berikut hasil
evaluasi atau penilaiannya
Kerja Sama dengan Orang Tua
v Siswa bersama kedua orang tua berdiskusi kepedulian keluarganya sebagai
warga masyarakat di lingkungan tempat tinggal. .
|
140
menit
|
|
||
Kegiatan
Penutup
|
Peserta Didik :
Ø Membuat resume (CREATIVITY)
dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
Guru :
Ø Memeriksa pekerjaan siswa yang
selesai langsung diperiksa.
·
Peserta didik
yang selesai mengerjakan tugas
projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah/ pujian
|
15
menit
|
A. PENILAIAN (ASESMEN)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.
Mengetahui
Kepala Sekolah,
Rita Erwiyah,S.Pd, M.Pd.
|
Pesawaran, Januari 2020
Guru Kelas 6
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar